AkuSukaMasak.com

Resep Rempeyek Ebi Kacang Hijau Bikin Ngiler

Rempeyek Ebi Kacang Hijau.

Resep Rempeyek Ebi Kacang Hijau Bikin Ngiler Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Rempeyek Ebi Kacang Hijau. Resep kali ini memiliki 14 Bahan utama, dan 8 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Rempeyek Ebi Kacang Hijau.

Resep Rempeyek Ebi Kacang Hijau

  1. 2 sdt garam.
  2. 1 sdt gula.
  3. 1 sdt kaldu bubuk.
  4. 2 sdt bubuk daun jeruk.
  5. 250 gram ebi kering.
  6. 400 gram kacang ijo sudah di rendam 6 jam atau semalaman.
  7. 1-2 cup tepung beras.
  8. 3-4 sdm tepung tapioca.
  9. 1 sdm tepung maizena.
  10. secukupnya air.
  11. bahan tepung bisa ditambah atau disesuaikan bila saat digoreng terasa kurang pas.
  12. 1-2 siung bawang putih ulek.
  13. Alat.
  14. Panci teflon kecil (yang untuk ceplok telor).

Instruksi Memasak Rempeyek Ebi Kacang Hijau

  1. Rendam kacang hijau dan cuci bersih ebi. Tiriskan masing2 dan masukkan di dalam wadah besar untuk mencampur.
  2. Masukkan semua bahan2. Beri air hingga setengah menutupi adonan, aduk rata kemudian tambahkan air sedikit2. Usahakan tekstur saat diaduk kerasa aga sedikit kental tetapi masih encer, bila terlalu encer tambahkan lagi tepung tapioca sekitar 1-2 sdm. Cek rasa bila kurang pas sesuaikan lagi tambahan garam dan gula..
  3. Panaskan panci berisi minyak sekitar 1/2 batas panci dengan api sedang. Sampai minyak keluar gelembung2 tetapi tidak berasap..
  4. Goreng adonan rempeyek per takaran satu sendok sop. Usahakan dalam setiap gorengan ad campuran kacang dan ebi. Setiap sebelum goreng selalu diaduk rata dulu karena bahan tepung cepat mengendap..
  5. Saat digoreng adonan perlahan2 akan mengambang dan juga mengkerut memadat jadi satu bundaran. Saat terlihat seluruh permukaan adonan mengambang usahakan diputer sedikit dengan sumpit menghindari menempel kepada pinggiran panci..
  6. Seelah sekitar 2 menit, adonan sudah sepenuhnya mengambang dan terlihat lebih garing, balikkan adonan dengan sumpit dan goreng hingga permukaan kecoklatan, kemudian balikkan lagi dan goreng sebentar. Lalu angkat dan tiriskan di colander..
  7. Usahakan jangan goreng terlalu coklat karena setelah di tiriskan saat menunggu dingin rempeyek ini masih ad proses menggoreng sehingga akan berubah warna sendiri lebih coklat. Adonan peyek saat masih panas juga teksturnya masih fleksibel namun setelah dingin akan lebih garing..
  8. Rempeyek ini renyah mudah sekali hancur. Simpan di wadah kedap tertutup agar tidak mudah melempem. Wadahkan saat sudah dingin. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *