AkuSukaMasak.com

Resep Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal Top

Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal.

Resep Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal Top Hello mom,, selamat datang di situs resep masakan ini. Pada artikel kali ini kita memiliki Resep Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal. Resep kali ini memiliki 15 Bahan utama, dan 15 cara memasaknya. Yuk langsung kita praktekkan membuat Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal.

Resep Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal

  1. tepung beras.
  2. tepung Tapioka.
  3. daun jeruk, buang tulang daunnya iris halus.
  4. telur, kocok lepas.
  5. air larutkan dengan 1 sachet santan instan [takaran 60-70 ml].
  6. kaldu bubuk.
  7. ketumbar bubuk.
  8. bubuk kunyit [opsional].
  9. udang rebon, sesuai selera. Udang direndam dulu dengan air mendidih selama 5 menit lalu tiriskan. Dengan begitu udang tidak gatal dan peyek lebih renyah.
  10. bumbu halus:.
  11. bawang putih.
  12. kencur, opsional.
  13. kemiri, sangrai.
  14. garam (secukupnya).
  15. BAHAN LAIN: Secukupnya minyak untuk menggoreng.

Instruksi Memasak Peyek Rebon Bulat Renyah Tanpa Cetakan  dan Anti Gagal

  1. Masukan tepung beras ke dalam wadah, tambahkan tepung tapioka, semua bumbu kering dan bumbu yang dihaluskan. Tambahkan telurnya. Aduk rata, lalu tuangkan larutan santan dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak menggumpal..
  2. Selanjutnya masukan udang rebon, masukan sebagian dulu karena nanti sisanya dimasukan saat dicetak biar hasilnya lebih rata dan cantik. Jangan lupa masukan juga daun jeruknya. Untuk takaran daun jeruk suka-suka saja ya. Aduk rata hingga halus dan tak bergerindil, adonan jadinya encer ya..
  3. Selanjutnya waktunya menggoreng. Pertama, siapkan teflon mini dengan diameter 12 cm, agak besaran dikit juga gak masalah. Panaskan teflon, tetesi dengan minyak secukupnya. Setelah panas, atur api sedang..
  4. Selanjutnya ambil adonan secukupnya, sekitar 3 sdm agar hasilnya tidak terlalu tebal jadi bisa tetap renyah dan cantik. Tuang adonan dengan gerakan memutar sambil diratakan kayak bikin dadar gulung. Lalu taburi lagi dengan sisa udang dan potongan daun jeruk secukupnya..
  5. Berikutnya, tuangi permukaan peyek yang di teflon dengan minyak panas sampai rata agar hasil bagus dan tidak lengket..
  6. Pastikan kebloh minyak [terlumuri minyak semua] biar hasilnya bagus ya. Jika adonan sudah cukup kaku, tempatkan di piring ceper. Nanti kalau sudah terkumpul 3-4 buah, peyek siap digoreng..
  7. Jadi, emang sengaja dicetak empat-empat setelah itu baru digoreng. So, saat membuat peyek bulat ini, dua kompor nyala semua ya. Yang kiri untuk menggoreng yang kanan untuk mencetak peyeknya. Selain lebih cepat juga lebih praktis. Karena minyak panas yang dituang di teflon disendok langsung dari penggorengan di sampingnya..
  8. Selanjutnya, sekiranya sudah matang bawahnya, balik. Jadi peyek dibalik cukup sekali saja. Lanjut digoreng sampai kuning keemasan..
  9. Setelah matang, angkat. Ok selanjutnya bersihkan minyak dari remahan rebon. Lalu goreng semua sisa adonan hingga habis..
  10. Nih satu resep dapatnya segini.. masih kurang rapih maklum ini pertama kalinya bikin gitu hhhh ngeles.
  11. CATATAN SEPUTAR PEYEK Untuk isian peyek tidak harus udang rebon ya, kita juga bisa menggantinya dengan kacang tanah, kacang kedelai, kedelai hitam, udang segar dll. Yang terpenting isian untuk kacang2ngan juga jangan lupa direndam dulu minimal 3 jam agar tidak keras saaat digoreng..
  12. Saat mencetak peyek di teflon, tuangi atasnya dengan minyak sampai rata. Kalau kata orang Jawa istilahnya “Kebloh” alias gupak minyak. Dengan begitu saat digoreng nanti peyeknya bisa cantik hasilnya. Karena jika menuang minyaknya tidak rata, jika digoreg hasilnya retak-retak dan kurang cantik, selain itu juga jadi kurang renyah..
  13. Jika peyek digoreng biasa tanpa dicetak bulat-bulat, maka takaran airnya bisa dikurangi lagi. Jadi cukup 550 ml atau 600 ml. Karena jika terlalu encer maka dituangnya susah ya, kalau keenceran saat dituang ke pengorengan jadi banyak banget kaki peyeknya hehe. Tapi jika peyek akan dibentuk bulat-bulat maka semua takaran air yaitu sebanyak 700 ml tadi itu dimasukan semua ya. Karena jika dicetak di teflon maka adonan harus benar-benar encer agar hasilnya bisa tipis renyah dan cantik..
  14. Agar peyek tidak berminyak, lebih renyah dan tahan lama, goreng peyek dua kali. Nah untuk peyek bentuk bulat tadi kan emang digoreng 2 kali ya, jadi emang hasilnya renyah sih. Nah kalau mau digoreng biasa caranya: pertama goreng peyek hingga setengah matang, angkat. Tunggu beberapa menit setelah itu goreng lagi sampai matang denga begitu hasil peyek jadi kesat dan minim minyak. Peyek yang digoreng dua kali, walaupun terlihat menggumpal dan tebal tapi renyahnya tetap kebangetan lho..
  15. Penggunaan tepung tapioka bisa diganti dengan tepung sagu. Atau kalau mau 100 persen tepung beras juga tidak masalah. Hasilnya juga tetap renyah. Atau bisa juga diganti tepung terigu, hasilnya biasanya warna peyek lebih merah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *