AkuSukaMasak.com

Resep Garang asem iga

Garang asem iga.

Resep Garang asem iga Kita akan membuat Garang asem iga menggunakan 18 resep dan 8 langkah-langkahnya. Langsung saja kita praktek untuk memasak Garang asem iga .

Resepnya Garang asem iga

  1. iga sapi.
  2. bawang merah kecil.
  3. bawang putih.
  4. Laos.
  5. cabe rawit utuh.
  6. cabe merah besar.
  7. cabe ijo besar.
  8. daun salam.
  9. belimbing wuluh.
  10. larutan air asam jawa.
  11. Garam.
  12. Kecap manis.
  13. gula jawa.
  14. air untuk merebus daging.
  15. Minyak goreng untuk menumis.
  16. maggie block / totole secukupnya.
  17. tomat hijau.
  18. manisa ukuran kecil.

Rasa yang mendominasi biasanya adalah rasa pedas. Garang asem (ejaan bahasa Jawa: ꦒꦫꦁꦲꦱꦼꦩ꧀, garang asem) merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah. Garang asem adalah masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas. Biasanya garang asem dibuat dari dagingnya saja, tapi kali ini resep garang asem yang terbuat dari iga.

Cara Memasak Garang asem iga

  1. Rebus daging iga sapi dengan air mendidih selama 5 menit.. angkat daging iga lalu buang airnya. Masak kembali daging hingga empuk.
  2. Iris bawang merah (saya suka diiris tebal2 karena akan lebih terasa saat dimakan), bawang putih, laos, tomat, cabe merah besar dan cabe ijo, manisa besar serta belimbing wuluh..
  3. Sambil menunggu daging empuk, siapkan wajan untuk menumis..
  4. Masukan minyak goreng, irisan bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabe merah, ijo dan cabe rawit. Tumis sampai wangi. Masukkan kecap manis dan tumis sampai kecap meresap..
  5. Setelah daging iga empuk, masukkan tumisan bawang, maggie block/ totole dan gula merah kedalam panci rebusan daging.
  6. Terakhir, masukkan garam dan irisan manisa, tunggu kurang lebih 3 menit, matikan api, tunggu kurang lebih 5 menit/ tidak terlalu panas lalu masukkan tomat ijo, belimbing wuluh dan air asam jawa..
  7. Memasak manisa tidak perlu terlalu lama karena nanti teksturnya tidak krenyes2. Untuk rasa asam, biasanya saat panas akan terasa sedikit kurang asam.. sebaiknya, cek rasa saat kuah sudah tidak terlalu panas karena rasa asam biasanya lebih terasa saat kuah dingin..
  8. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *